TIKBLOGKU & ALVISE PERCOMSELL Mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri bagi seluruh warga negara Indonesia yang merayakan. Kunjungi Website perusahaan kami :www.alvisepercomsell.blogspot.com

Selasa, 09 November 2010

Linuk Sistem Operasi masa depan dan Sistem Operasi untuk masuk surga

Judul diatas mungkin sangat fantastis bagi pembaca sekalian, kenapa? karena di akhir ada kata kata sistem operasi untuk masuk surga. saya menulis judul diatas tidak asal-asalan, sudah di pertimbangkan.. kalau kita menggunakan Linux sebagai sistem operasinya maka kita menghargai hak Cipta karena Linux sistem operasi gratis,sehingga kita bagi umat Muslim sudah melakukan kebaikan. Tidak seperti sistem operasi Windows yang kita harus membayar kalau ingin memakainya, tapi.... kenyataan di Indonesia ternyata banyak yang membajak sistem operasi windows.. 
membajak sofware disamakan dengan mencuri, maling dan ternyata lembaga pemerintah, sekolah, perguruan tinggi sekitar 99% banyak menggunakan sistem operasi Windows bajakan, Jadi instansi yang tersebut diatas maaf ini.. mencuri. Jadi secara tidak langsung kita sudah melakukan kejahatan dan kejahatan ini tidak tanggung2 banyak sekali sehingga yang menggunakan sistem Operasi Windows bajakan insya Allah akan masuk neraka. Oleh karena itu mari kita bersama-sama mulai dari sekarang berubah haluan menggunakan Linux sebagai SO standar tanpa kita harus membeli sistem operasi tersebut. Harapan saya di masa akan datang sistem operasi Linux bisa di gunakan di satuan pendidikan, sehingga secara tidak langsung kita mengajarkan anak didik kita menghargai hak cipta orang lain. kalaupun menggunakan SO Windows harus membeli SO tersebut sehingga kita tidak melanggar undang2 dan mati masuk surga, insya Allah.. yang jadi pertanyaan mampukah kita membeli SO tersebut :-), kalau tidak mampu ya gunakan Linux aja... gitu aja kok repot.
disini saya akan memberikan penjelasan keunggulan dari Linux yang saya kutip dari ilmu komputer, penulis Johanes Gunawan.
mungkin masih banyak lagi keunggulan Linux yang tidak dapat dituliskan di sini karena keterbatasan waktu. Namun penulis ingin menyampaikan satu hal lagi yang penting bahwa Linux kini banyak dipakai oleh beberapa perusahaan dan instasi pemerintah. Seperti beberapa contoh di bawah ini :
  1. United States Postal Service (USPS) menggunakan Linux yang dipakai di seluruh Amerika (sejumlah 900 komputer). Mesin ini digunakan sebagai mesin pengenalan karakter untuk mensortir alamat surat.
  2. Digunakan sebagai perangkat lunak instrumentasi dan kendali percobaan perkembangan tanaman di luar angkasa, diterbangkan di Space Shuttle Columbia, STS-83, bulan April 1997.
  3. Perusahaan Digital Domain menggunakan 200 Dec Aplha dengan Linux untuk membuat animasi di film Titanic.
  4. Digunakan oleh US Army sebagai Manouver Control System/Phoenix (MCS/P) sebagai perangkat command and control system.
  5. Dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan dan instasi pemerintah lainnya.
  6. Linux dipakai oleh mereka karena tingkat kestabilannya yang lebih baik
dibandingkan dengan Windows NT dan harga yang sangat murah dibandingkan dengan Unix komersial bahkan cocok untuk para pengguna PC. Selain itu Linux memungkinkan perangkat keras yang dibutuhkan tidak terlalu besar bahkan untuk Web atau mail server hanya dengan menggunakan perangkat komputer 386. Dengan perangkat keras yang sama kecepatan yang ditawarkan Linux lebih cepat dibandingkan dengan OS komersial lainnnya. Sebagai sistem operasi server yang murah dan untuk tujuan komersial, Linux
merupakan alternatif "sejati" bagi Windows NT maupun sistem Unix komersial. Ia sangat tepat sebgai klien Internet ataupun Intranet berkat protokol TCP/IP dan Netscape Navigator yang selalu aktual dan tingkat kestabilannya. Sistem operasi desktop Linux sebagai pengganti Windows '98 juga disarankan
dengan makin meluasnya dukungan hardware dan software. Meskipun proses instalasinya lebih rumit dibandingkan dengan Windows, akan tetapi Linux memiliki keunggulan yang tidak dipunyai sistem operasi yang lain.Dengan berbagai keuntungan di atas tidaklah mustahil bahwa denominasi windows lama kelamaan akan bergeser ke Linux dan hanya tinggalah waktu yang menentukan jika pihak Microsoft tidak merubah strategi-strateginya. Banyak kalangan meramalkan Linux akan menjadi sistem operasi masa depan yang terdepan di antarasistem operasi yang lainnya. Hal ini disebabkan karena beberapa hal :
  1. Dari segi harga, Linux merupakan yang termurah. Anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 50.000,- (tergantung harga CD di pasaran jakarta) dan itupun hanya ongkos mencopy CD karena sifatnya "open source". Dibandingkan dengan Windows NT dibutuhkan sekitar $ 212,95/user belum lagi biaya instalasi jika ingin mail server, web server, dan proxy server.
  2. Kestabilan sistem yang sangat baik bila dibandingkan dengan sistem operasi yang populer seperti Windows '95, '98, NT. Uptime (waktu server hidup tanpa diboot) lebih lama daripada sistem tersebut. Bahkan ada user yang tidak pernah membootnya lebih dari 6 bulan.
  3. Source code yang tersedia sehingga dapat dibuka dan dipelajari serta mendebugnya.Berbeda sekali dengan sistem operasi lainnya seperti Windows yang source codenya terenkripsi.
  4. Aplikasi yang tersedia banyak dan dapat diperoleh secara gratis dan legal. Sedangkan Windows aplikasi yang tersedia sangat banyak dan tidak gratis (hanya beberapa saja yang gratis).
  5. Dukungan perusahaan komersial seperti : Oracle, Netscape, IBM, Corel, Sun, Informix dan Adaptec.
  6. Dalam kecepatan dan perangkat keras yang dibutuhkan pun Windows NT kalah dengan Linux. Sebagai perbandingan untuk menjalankan Windows NT Server dibutuhkan minimal Pentium dengan 32 MB, sedang dengan service sama Linux hanya butuh Pentium 99 dengan 16 MB.
Oleh karena itu terjawab sudah pertanyaan "Jadi sistem operasi apakah yang dapat mempunyai reliabilitas yang tinggi dengan fungsi sistem yang optimal, murah serta tentunya dengan dukungan perangkat keras dan lunak yang tidak terlalu mahal ?"
Tidak dapat diragukan lagi, jawabannya hanya Linux yang mampu menjawab pertanyaan di atas sekaligus memantapkan diri sebagai "Sistem operasi masa depan" mengingat masa depan Linux yang menjanjikan serta berbagai keunggulan-keunggulan dibandingkan sistem operasi yang lain. Bahkan beberapa kompetitor seperti Sun mengakui keunggulan Linux dan berniat untuk mengembangkannya sedangkan pihak Microsoft tampak "malu-malu" mengakui kelemahannya dan memasang strategi baru untuk mengantisipasi perkembangan Linux
yang sangat cepat.
Dari hasil kesimpulan di atas saran dari penulis mungkin tidak banyak dan hanya dua yaitu pertama, perlunya untuk mahasiswa komputer diajarkan untuk menggunakan Linux baik pada tingkat kampus atau non-kampus seperti trainingtraining mengingat Linux yang semakin populer sehingga mahasiswa komputer dapat
mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan abad 21. Dan kedua, mungkin ada baiknya jika para pembaca yang masih ingin menggunakan windows/OS lainnya tetapi penasaran dengan Linux, disarankan untuk mencoba menjalankan sistem operasi keduaduanya (jangan khawatir tidak bisa karena Linux mempunyai fungsi LILO (Linux Loader) yang memungkinkan menjalankan dua sistem operasi sekaligus), keadaannya bisa berubah dalam satu atau dua tahun mendatang. Dan jika itu terjadi anda telah
selangkah lebih maju. Perlu diketahui pembaca dengan beberapa pengalaman user mengakui setelah
beberapa minggu menggunakan Linux pengetahuan akan komputer meningkat drastis karena dalam Linux telah mempelajari prinsip routing, nameserver, rendering graphics, dll. Sehingga mendorong user untuk menjadi programmer yang baik dan pada suatu saat mereka mungkin akan membuat sistem operasi sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda komentari artikelnya....